Sekelumit Tentang Supply Management

3. Kelebihan StokLebih baik kehabisan stok atau kelebihan stok? Dua-duanya bukanlah pilihan yang menguntungkan bagi perusahaan. Kehabisan stok berarti perusahaan kehilangan kesempatan meraup keuntungan melalui penjualan. Kelebihan stok berarti perusahaan mempunyai beban dari nilai produk yang tidak bergerak, beban gudang, dan kemungkinan produk kadaluarsa. Namun, ada cara jitu untuk menghindari kedua kondisi yang tidak menguntungkan ini, yaitu dengan menerapkan Supply Management.

Menyambung tulisan sebelumnya mengenai bagaimana meningkatkan penjualan dengan memahami Demand Management, kali ini saya membahas mengenai Supply Management. Penerapan Supply Management dapat membantu perusahaan dalam pengendalian suplai produk. Berdasarkan data yang diperoleh dari demand management, supply management membuat analisa untuk menyediakan suplai agar demand tercukupi dan juga untuk menghindari kondisi kehabisan stok dan kelebihan stok.

Supply management mempertimbangkan cost, schedule, dan inventory level. Yang dimaksud dengan cost adalah biaya yang terlibat dalam suplai seperti biaya penyusutan produk, biaya kirim produk, biaya order produk, biaya yang timbul karena stok kosong, dan biaya yang menyangkut kapasitas gudang. Yang dimaksud dengan schedule adalah jadwal pengiriman supply produk dan waktu pengiriman produk. Jadwal pengiriman dengan intensitas yang lambat dan waktu pengiriman yang lama tentu akan meningkatkan jumlah suplai. Yang dimaksud dengan Inventory Level adalah penetapan level minimum dan maksimum inventory di gudang. Level minimum berbicara mengenai safety stock dan level maksimum berbicara mengenai kapasitas gudang dan kemampuan penjualan. Inventory level akan lebih didalami dalam inventory management.

Dalam kondisi ideal, banyak orang mengharapkan supply sama dengan demand. Kondisi inilah yang memungkinkan terjadinya stok kosong begitu aktual penjualan lebih besar daripada demand. Dalam supply management, supply dikelola lebih besar daripada demand berdasarkan analisa cost, schedule, dan inventory level di atas. Penentuan supply yang lebih besar daripada demand dikarenakan unsur safety stock yang dilibatkan serta kondisi demand pasar dan aktual penjualan yang fluktuatif. Di saat aktual penjualan lebih tinggi daripada demand, maka safety stock akan memastikan perusahaan tidak kehabisan stok. Di saat penjualan lebih rendah daripada demand, maka supply management akan beraksi dalam penyesuaian suplai agar stok tidak belebihan.

Penerapan supply management akan membantu perusahaan Anda agar memiliki suplai yang cukup untuk mendukung penjualan. Sudahkah perusahaan Anda menerapkan Supply Management?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *