Sekelumit Tentang Inventory Management

5. Inventory ManagementApakah stok produk di gudang cukup untuk menutupi target penjualan bulan ini? Jika Anda memerlukan waktu yang lama untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka Anda perlu memahami Inventory Management.

Dalam tulisan sebelumnya, saya telah membahas mengenai Demand Management dan Supply Management. Kali ini saya membahas mengenai Inventory Management. Inventory Management memastikan perusahaan mempunyai persediaan yang efektif sehingga dapat bereaksi cepat dalam memenuhi kebutuhan penjualan. Perhitungan persediaan yang efektif harus disesuaikan dengan data dari demand management dan supply management. Karena inventori sering kali menyumbang porsi nilai aset yang besar dalam neraca keuangan perusahaan, maka dengan menguasai inventory management maka perusahaan dapat meningkatkan performansi keuangan perusahaan.

Konversikan angka inventori Anda dalam satuan hari

Dalam melihat laporan inventori, kita dapat menggunakan beberapa pilihan satuan. Satuan kuantitas seperti pallet, dapat membantu kita dalam menentukan kapasitas gudang. Satuan nilai seperti mata uang rupiah juga dapat kita gunakan untuk menilai inventori sebagai aset. Dalam Inventory Management, satuan hari digunakan dalam analisis pengambilan keputusan. Satuan hari adalah satuan yang menunjukkan jumlah hari inventori diperkirakan akan habis terjual. Katakan perusahaan mempunyai inventori sebanyak 10 hari. Berarti inventori akan habis terjual dalam 10 hari. Artinya juga, suplai harus tiba sebelum 10 hari agar perusahaan tidak kehabisan stok. Jadi, jika di awal bulan perusahaan hanya mempunyai inventori sebanyak 10 hari tanpa ada rencana suplai tambahan, maka target penjualan di bulan tersebut sudah pasti tidak akan tercapai. Dengan menggunakan satuan hari dalam laporan inventori, perusahaan akan lebih mudah dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan inventori.

Cara untuk melakukan konversi satuan inventori menjadi satuan hari dapat dilakukan dengan membandingkan inventori terhadap rata-rata penjualan. Katakan kita mempunyai stok sebanyak 10 karton. Rata-rata penjualan adalah 1 karton per hari. Maka posisi stok kita sekarang adalah cukup untuk penjualan 10 hari.

Untuk perusahaan yang sudah menerapkan Demand Management, konversi satuan hari akan dilakukan dengan membandingkan inventori terhadap forecast penjualan sehingga lebih akurat.

Dengan menerapkan Inventory Management, maka perusahaan mempunyai jarak penglihatan yang efektif terhadap kondisi inventori perusahaan. Apakah perusahaan Anda sudah menerapkan Inventory Management?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *